Selasa, 17 Juli 2012

Cara Upgrade / Reload OS Blackberry




Pengguna blackberry paling maksimal yang harus anda tau / kuasai adalah cara Reload OS Blackberry anda. Dan saya akan membuat lewat catatan ini sebagai tutorial. yang mungkin saja bisa anda terapkan kapan saja. khususnya jika terjadi pesan Error Software pada Handheld anda.

Berikut ini yang harus anda siapkan untuk Reload / Upgrade OS:
  • Jika anda pengguna Windows XP. maka terlebih dahulu anda harus mempunyai NET Framework 3.0 SP1 atau untuk lebih sempurnanya anda harus punya NET Framework 3.5 SP1 yang telah terinstal di PC anda (Klik link untuk download Framework)
  • Desktop Manager(CD dalam Dos BB) Yang nantinya berfungsi untuk "Backup & Restore" data - data dan kontak di Blackberry anda
  • Connector USB / kabel USB (sesuai dengan Blackberry anda)
  • Untuk menginstal Blackberry OS 5 & OS 6, anda bisa pakai Desktop Manager v5. tapi untuk Blackberry OS 7+ maka gunakanlah Desktop Manager v7. (kalau tidak punya CD desktop manager, anda bisa download / search di google)
  • Download dari Aplikasi Jl_cmder. Untuk me-Wipe Blackberry anda
  • Download OS Blackberry sesuai dengan spesifikasi Blackberry anda. atau bisa juga di search di Google.
  • PERINGATAN! "saya tidak akan download OS HYBRIB, saya tidak pernah download OS LEAKED. tapi saya download OS Resmi Blackberry dari situs Resmi Blackberry"
Setelah semua (yang di atas) telah di siapkan & terinstal di PC anda. ada baiknya jika PC anda di "restart" dulu.
sekarang masuk ke step Inti.
  1. Hapus file "vendor" / vendor.xml. yang terletak di direktori / partisi system PC anda tepatnya di folder "App Loader".
    Program Files > Common Files > Research In Motions > AppLoader.
  2. Colokkan Blackberry (via USB) anda ke PC. pastikan jika kabel USB yang anda gunakan dalam kondisi baik / tidak cacat. karena kabel USB adalah Jembatan utama untuk kelancaran Instalasi ini.
  3. Jalankan aplikasi Desktop Manager. lalu Backup data anda.
  4. tutup Desktop Manager, dan jalankan Aplikasi JL_cmder. untuk panduan cara pengoperasiannya, baca di link ini.
  5. Sementara Blackberry anda ter-Restart, lepaskan kabel USB yang tercolok di PC (bukan yang di Handheld / BB anda).
  6. setelah di pastikan Blackberry anda hidup kembali dengan keadaan blank screen "Error 507", colok kembali kabel USBnya ke PC.
  7. Ingat Folder dimana anda menghapus 'Vendor.xml' (step no.1) anda kembali lagi ke Folder tersebut.
  8. di Folder  "AppLoader". sorot & klik 'Loader'. tunggu sampai PIN (BBM). anda tekan Next saja.
  9. skip terus, sekarang sampai ke Window dimana anda di perintahkan untuk mencentang. yang anda centang, adalah aplikasi bawaan dari OS yang ingin anda Instal ke Blackberry anda. inilah yang di maksud dengan Shrink OS. setelah OS di 'shrink', tekan NEXT.
  10. proses selanjutnya, anda harus menunggu sampai '4 step yang berjalan dengan otomatis' sebagai proses INTI dari Instal OS ini. ingat! jangan lepas kabel data USB dari Blackberry anda & usahakan PC anda tidak low-bat / ter- shutdown karena listrik padam.
  11. setelah Blackberry kembali ke Homescreen dalam artian upgrade anda berhasil. Jalanan kembali ke desktop manager anda untuk me-Restore data anda.
  12. jika anda ingin mengetahui versi OS yang ada pada Blackberry anda. bisa di baca di link ini
jika proses gagal. anda bisa menghubungi saya di link ini


Enjoy And Follow My Voices